+6281-128-6163 aliawisatajogja@gmail.com
Sejak tahun 2006, Pemerintah Arab Saudi mewajibkan setiap jamaah yang akan melakukan perjalanan umroh dan haji dari negara manapun untuk mendapatkan vaksin meningitis. 

Sebenarnya apa fungsi dari Vaksin Meningitis? Prof. Samsuridjal Djauzi, SpPD-KAI menjelaskan Fungsi Vaksin Meningitis Sebelum Keberangkatan Ibadah Umroh. Dalam ibadah umroh atau haji, Anda akan berinteraksi dengan ribuan orang selama jangka waktu dua minggu sampai sebulan di tanah suci meningkatkan potensi terjangkit penyakit meningitis. Apalagi, di tanah suci Anda akan bertemu dengan bermacam-macam orang dari berbagai macam negara sehingga kemungkinan kontak dengan penduduk negara dengan penyakit meningitis belt sangat tinggi. Dan wajib Anda ketahui, bahwa daerah endemik meningitis berada di sub-sahara Afrika, yaitu dari Senegal hingga Etiopia.

Rentang waktu 2008 – 2009, kasus meningitis menimpa 1.166 orang di Inggris. Namun, dengan adanya vaksinasi meningitis, jumlah kasus pun menurun. Gejala meningitis mirip dengan serangan flu dan biasanya menyerang anak-anak pada musim panas. Karakteristik dari munculnya penyakit meningitis pada usia remaja dan dewasa adalah leher terasa kaku dan sakit, demam, kepala terasa nyeri hingga hilangnya kesadaran.

Penyakit meningitis mudah menular melalui ingus, cairan ludah saat bersin, tertawa, bicara atau saat batuk.  Media penularan lainnya bisa terjadi pada peralatan makan, handuk, dan tisu yang digunakan penderita meningitis. Untuk mencegah diri dari terjangkitnya penyakit meningitis, maka semua jamaah umroh dan haji diwajibkan melakukan vaksinasi meningitis sebelum berangkat haji atau umroh. Setiap calon jamaah akan mendapatkan vaksin yang melindungi empat dari lima kelompok bakteri penyebab penyakit meningitis, yaitu jenis A, C, W-135, dan Y.

Vaksin akan diberikan antara 10 – 14 hari sebelum keberangkatan ke tanah suci. Rentang waktu tersebut paling efektif agar saat keberangkatan, antibodi sudah terbentuk dengan kuat sehingga potensi tertular penyakit Meningitis bisa dikurangi.

 

 
Shares
Share This